Thursday 11 October 2012

DAMPAK NEGATIF TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)


DAMPAK NEGATIF TEKNOLOGI, INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Teknologi sangat dibutuhkan oleh semua orang bahkan sampai hal terkecil apa pun. Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat, hal ini dikarenakan ketidakpuasan manusia untuk memudahkan pekerjaan. Sehingga muncullah inovasi-inovasi  teknologi yang dibutuhkan manusia. Namun semakin berkembangnya teknologi tidak akan terlepas dari dampak negatif yang ditimbulkan.
a.       Dampak negatif terhadap anak-anak.
Pengenalan teknologi sejak dini dinilai sebagian orang tua sangatlah baik. Akan tetapi mereka tidak memikirkan dampak negatif yang akan ditimbulkan. Berikut beberapa dampak negatif teknologi terhadap anak-anak:
1.      Ketergantungan pada teknologi
Seringnya melakukan suatu kegiatan dibantu dengan suatu teknologi menyebabkan anak-anak merasa ketergantungan. Sehingga ketika tidak  menggunakan teknologi, mereka akan merasa kesulitan dalam melakukan kegiatan.
Contoh : seorang anak diberikan sebuah kalkulator oleh orangtuanya. Setiap Pr matematika ia selalu menggunakannya untuk membantu menyelesaikan tugasnya. Ketika ulangan  ia tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator, sehingga ia tidak bisa mengerjakan soal yang diberikan.
2.      Rasa malas
Dampak lain selain ketergantungan adalah rasa malas. Jika dikaitkan dengan contoh diatas adalah malas berhitung. Sehinggga anak tersebut tidak dapat menghitung sendiri harus menggunakan kalkulator. Contoh lainnya adalah malas belajar, mayoritas anak-anak sangat senang menonton TV atau bermain video game dibandingkan belajar. Sehingga ketika akan belajar, mereka mementingkan menonton TV atau video game  terlebih dahulu. Sehingga waktu belajar sedikit atau bahkan malas untuk  belajar.
3.      Sikap dan kepribadian
Anak-anak yang sering menonton TV atau video game, maka sikapnya akan mencoba mengikuti apa yang ia sukai. Karena pada masa anak-anak merupakan tahap dimana ia akan meniru seperti apa yang ia lihat dan dengar. Sehingga sikapnya akan berubah seperti yang ia lihat dan hal ini berpengaruh pada kepribadiannya.
4.      Lupa waktu
Keitka seorang anak menyukai video game atau tayangan TV,  ia akan lebih bermain game atau melihat tayangan TV, bahkan terkadang ia tidak ingin diganggu. Sehingga ia lupa terhadap waktu.
5.      Pemborosan  dan kesehatan
Salah satu game yang sangat digemari anak-anak saat ini adalah secara online atau yang disebut dengan geme online. Kemajuan teknologi saat ini telah membuat para anak pecandu game rela mengorbankan uang jajannnya untuk bermain game online. Sehingga hal ini merupakan pemborosan. Bahkan dari bermain game online ini tidak hanya pemborosan, mereka lupa waktu, lupa mengisi perut yang berdampak pada kesehatan, malas belajar, ketergantungan dan berpengaruh juga pada sikap dan keppribadian.

b.      Dampak negatif terhadap  pendidikan
Teknologi saat ini sangat membantu dalam bidang pendidikan, diantraranya mudah mengakses informasi. Akan tetapi hal ini tidak terlepasdari dampak negatif yang ditimbulkan.
1.      Malas
Dampak negatif terhadap pendidikan diantaranya malas berusaha, hal ini dikarenakan para pelajar lebih menyukai hal yang instan dan tidak ingin susah atau berusaha. Contohnya dalam pembuatan tugas makalah, mereka lebih menyukai menyalin dari internet dibanding mencari di buku-buku.
Selanjutnya malas membaca dapat dikaitkan dari hal diatas, mereka lebih menyukai menyalin dari internet dibanding membaca dahulu di buku untuk mencari hal-hal yang akan diambil.
Selain itu, malas menghitung dalam hal ini dikarenakan mereka lebih menyukai menghityung yang praktis yaitu dengan kalkulator. Karena membantu mereka lebih mudah dalam proses penghitungan.
Dan terakhir malas berpikir disini dapat dikaitkan dengan poin-poin sebelumnya, semua karena kemudahan dalam mengakses melalui internet.
2.      Penyimpangan
Ketika seorang pelajar salah mendapatkan informasi, maka akan berdampak pada perilakunya dan sikapnya, bahkan sampai kepada peyimpangan.
3.      Ketergantungan
Poin ini telah dibahas sebelumnya. (a.1)
4.      Pemborosan
Poin ini telah dibahas sebelumnya. (a.5)
5.      Lupa waktu
Poin ini telah dibahas sebelumnya.(a.4)

c.       Dampak negatif terhadap moral masyarakat.
1.      Penyimpangan
Mudahnya mengakses informasi, maka akan mudah mendapatkan hal-hal yang bersifat negatif bagi kepentingan yang kurang baik. Sehingga merubah pola pikir mereka untuk melakukan tindak kejahatan sampai pada pelecehan.
2.      Kemerosotan moral
Pada poin ini telah disinggung dalam poin 1. Banyaknya teknologi yang memudahkan tindak kejahatan, maka angka kejahatan akan lebih tinggi lagi. Hal ini pun didukung dengan sulitnya mencari pekerjaan. Contohnya pencurian kendaraan bermotor. Selain itu dengan mudahnya mengakses situs-situs negatif, dapat membuat moral masyarakat merosot karena pemikirannya terganggu dengan apa yang diaksesnya. Contohnya terjadinya kasus-kasus pelecehan seksual bahkan sampai kepada pemerkosaan.
3.      Pemborosan
Dengan kekurang puasan masyarakat terhadap teknologi yang ada, maka akan muncul teknologi yang lebih memudahkan pekerjaan manusia. Sehingga ketika diluncurkan suatu teknologi yang lebih memudahkannya, ia akan berusaha untuk membelinya.



No comments:

Post a Comment